Pembinaan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Pemahaman Ilmu Tajwid Bagi Santri Di TPQ Musholla Hikmah Batam
DOI:
https://doi.org/10.71305/jpkm.v1i2.201Keywords:
Pembinaan, Pengetahuan, Pemahaman,Ilmu TajwidAbstract
Al-Qur’an merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah kepada Rasulullah sebagai pedoman hidup bagi umat manusia. Membaca dan memahami Al-Qur’an dengan baik adalah kewajiban setiap muslim sebagai bentuk kecintaan dan ketaatan terhadap ajaran Islam. Namun, di era modern ini, banyak umat Islam yang semakin sibuk dengan aktivitas duniawi sehingga melupakan pentingnya membaca dan mempelajari Al-Qur’an dengan benar. Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam menjaga kemurnian bacaan Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid yang benar. Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman tajwid, kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan di Musholla Al-Hikmah Batam, dengan fokus pada pembinaan ilmu tajwid bagi santri kelas Al-Qur’an selama dua bulan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Participatory Action Research (PAR), di mana santri terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Tahap awal kegiatan dimulai dengan observasi guna mengetahui sejauh mana kemampuan membaca Al-Qur’an yang dimiliki santri sebelum pembinaan dimulai. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan dampak yang sangat positif. Para santri mengalami peningkatan dalam membaca Al-Qur’an dengan lebih baik sesuai dengan kaidah tajwid yang telah mereka pelajari. Metode pembelajaran yang interaktif dan sistematis membantu santri lebih memahami hukum-hukum tajwid dengan lebih efektif. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan santri tidak hanya mampu membaca Al-Qur’an dengan benar tetapi juga semakin mencintai dan mengamalkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari.
