Budaya Kepemimpinan Transformatif di Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Hawwin Muzakki UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Binti Maunah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Achmad Patoni UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.71305/jmpi.v1i1.2

Keywords:

Wujud Kebudayaan, Kepemimpinan Transformatif, Madrasah

Abstract

Lembaga pendidikan Islam perlu memiliki kepemimpinan yang efektif. Salah satu tipe kepemimpinan yang sangat efektif di Lembaga pendidikan Islam adalah kepemimpinan transformasional. Dalam tulisan ini, peneliti akan menggunakan teori budaya Koentjaraningrat untuk menggagas konsep budaya kepemimpinan transformatif di Lembaga pendidikan Islam khususnya di Madrasah. Penelitian ini ingin menggali 3 wujud budaya yaitu: bagaimana wujud ide/gagasan, wujud tindakan serta wujud dokumen dalam kepemimpinan transformatif? Serta menggali bagaimana model-model penerapan budaya transformatif di Madrasah. Hal ini bertujuan untuk memperjelas dan mengkonsep budaya kepemimpinan transformastif di Madrasah. Menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data studi pustaka menyimpulkan. Wujud ide dalam budaya kepemimpinan transformatif adalah Idealized Influence, Intellectual Stimulation, Individual Consideration (Pertimbangan Individual), dan Inspirational Motivation. Wujud tindakan dalam budaya kepemimpinan transformatif adalah Kepala Madrasah melaksanakan kepemimpinan transformatif sesuai dengan wujud ide. Sedangkan wujud dokumen adalah segala dokumen pendukung budaya kepemimpinan transformatif yang terdokumentasi dengan baik dan rapi. Model Pembentukan Budaya Kepemimpinan Transformatif melalui model struktural dan model mekanik.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Muzakki, H., Binti Maunah, & Achmad Patoni. (2023). Budaya Kepemimpinan Transformatif di Lembaga Pendidikan Islam. JMPI: Jurnal Manajemen, Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 57–70. https://doi.org/10.71305/jmpi.v1i1.2

Issue

Section

Articles