Perencanaan Keuangan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMPN 1 Bangil Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.71305/jmpi.v2i1.43Keywords:
Manajemen Keuangan Sekolah, Perencanaan Keuangan, Mutu PendidikanAbstract
Artikel ini menyajikan hasil penelitian tentang manajemen keuangan sekolah dengan fokus pada studi kasus di SMP Negeri 1 Bangil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik manajemen keuangan sekolah, terutama dalam perencanaan dan pengelolaan anggaran. Metode penelitian yang digunakan melibatkan survei, wawancara, dan analisis dokumen untuk mendapatkan data yang mendalam dan komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen keuangan di SMP Negeri 1 Bangil terbukti baik dengan adanya koordinasi yang efektif antara kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara, dan komite sekolah. Perencanaan keuangan sekolah diimplementasikan melalui Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS), yang melibatkan berbagai pihak, termasuk wali murid. Evaluasi dilakukan setiap tahun untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat serta memberikan rekomendasi perbaikan. Diskusi dalam artikel mencakup konsep perencanaan keuangan, tiga sudut pandang penganggaran (comparative approach, PPBES, dan Fungtional Approach), serta pentingnya evaluasi pelaksanaan anggaran. Penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang manajemen keuangan sekolah dan dapat menjadi referensi bagi lembaga pendidikan lainnya dalam mengembangkan praktik keuangan yang efektif dan berkelanjutan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nu'man Atoillah, Muhammad Nur Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















