Implementasi Mudarosatul Qur’an Dalam Meningkatkan Hafalan Al Qur’an Di Pondok Pesantren Takhfidz Yanabi’ul Qur’an Sabongdukuh Jombang
DOI:
https://doi.org/10.71305/jmpi.v2i1.44Keywords:
Menghafal, implementasi, MudarosahAbstract
Menghafalkan Al-Qur’an merupakan kegiatan yang sangat mulia, karena kemuliaan kitab suci Al-Qur’an menjadikan para penghafalnya sebagai sosok yang istimewa di hadapan Allah SWT. Bagi seorang hafiz atau hafizah, menjaga hafalan agar tetap terpelihara merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, berbagai metode dikembangkan untuk membantu menjaga hafalan, salah satunya melalui metode murojaah yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu implementasi murojaah dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Yanabiul Qur’an, Sambong Dukuh, Jombang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode murojaah dalam meningkatkan hafalan, serta mengidentifikasi kendala-kendala yang menghambat pelaksanaan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, data diperoleh secara langsung melalui wawancara dengan dewan pengasuh, para asatidz, dan santriwati, serta dengan ikut serta dalam kegiatan murojaah di Pondok Pesantren Tahfidz Yanabiul Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode murojaah yang telah dilaksanakan di pondok tersebut dapat meningkatkan hafalan para santri serta membantu mereka menjaga hafalan dengan baik. Kegiatan murojaah dilakukan dengan cara saling mendengarkan hafalan antar santri secara bergantian, baik dalam bentuk kelompok maupun berpasangan. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program murojaah antara lain kurangnya semangat dan kesadaran untuk istiqamah di kalangan santri itu sendiri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 kholidatuzzuhiyah, Rofiatul Hosna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















