Upaya Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Pembiasaan Membaca Asmaul Husna di MTs Hasyimiyah
DOI:
https://doi.org/10.71305/jmpi.v2i1.54Keywords:
Religius, Character, Asmaul Husna, HabituationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembiasaan membaca Asmaul Husna sebelum pembelajaran di MTs Hasyimiyah Bancar dan untuk mengetahui karakter religius yang dibentuk melalui pembiasaan membaca Asmaul Husna sebelum pembelajaran di MTs Hasyimiyah Bancar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta validasi temuan penelitian menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yaitu pelaksanaan pembiasaan membaca asmaul husna dilaksanakan dengan sistem apel dihalaman dalam pembacaanya dipandu satu siswa, diawasi guru pelaksana dan ditutup do’a oleh kepala madrasah setiap harinya sebelum pembelajaran dimulai. Karakter religius di MTs Hasyimiyah yang ingin dibentuk melalui pembiasaan membaca asmaul husna diantaranya menjadikan siswa rajin, dan taat beribadah, mengetahui dan mengaplikasikan ilmu agama, menjadikan insan beriman, bertaqwa kepada Allah, dan berakhlakul karimah sesuai visi misi MTs Hasyimiyah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Rustyawati, Khoirul Anam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















