Upaya Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Pembiasaan Membaca Asmaul Husna di MTs Hasyimiyah

Authors

  • Dian Rustyawati Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban, Indonesia
  • Khoirul Anam Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.71305/jmpi.v2i1.54

Keywords:

Religius, Character, Asmaul Husna, Habituation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembiasaan membaca Asmaul Husna sebelum pembelajaran di MTs Hasyimiyah Bancar dan untuk mengetahui karakter religius yang dibentuk melalui pembiasaan membaca Asmaul Husna sebelum pembelajaran di MTs Hasyimiyah Bancar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta validasi temuan penelitian menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yaitu pelaksanaan pembiasaan membaca asmaul husna dilaksanakan dengan sistem apel dihalaman dalam pembacaanya dipandu satu siswa, diawasi guru pelaksana dan ditutup do’a oleh kepala madrasah setiap harinya sebelum pembelajaran dimulai. Karakter religius di MTs Hasyimiyah yang ingin dibentuk melalui pembiasaan membaca asmaul husna diantaranya menjadikan siswa rajin, dan taat beribadah, mengetahui dan mengaplikasikan ilmu agama, menjadikan insan beriman, bertaqwa kepada Allah,  dan berakhlakul karimah sesuai visi misi MTs Hasyimiyah.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Rustyawati, D., & Anam, K. (2024). Upaya Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Pembiasaan Membaca Asmaul Husna di MTs Hasyimiyah. JMPI: Jurnal Manajemen, Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.71305/jmpi.v2i1.54

Issue

Section

Articles