Pendekatan CIPP dalam Evaluasi Program Pendidikan: Tinjauan Literatur pada Program Pendidikan di Indonesia

Authors

  • Sulkifli STAI Al-Gazali Soppeng, Indonesia
  • Erwing Nade STAI Al-Gazali Soppeng, Indonesia
  • Eka Silfiah Khumairah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Riska UIN Alauddin Makassar, Indonesia

Keywords:

Evaluasi, Program, Model CIPP

Abstract

Evaluasi program model CIPP merupakan jenis evaluasi manajemen program yang menggunakan metode evaluasi yang orientasinya pada manajemen (management-oriented evaluation approach). Tujuan pengembangan model ini adalah untuk memberikan informasi sistematis kepada para pembuat keputusan. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori library research atau kajian pustaka yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai bahan pustaka seperti buku, artikel, catatan, dan berbagai jurnal yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti.. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model CIPP adalah model evaluasi yang lebih menyeluruh karena menggabungkan penilaian formatif dan sumatif dengan mengutamakan bimbingan dalam perencanaan dan pelaksanaan proyek pembangunan, sesuai dengan fokus pengembangannya. Model CIPP mengevaluasi keseluruhan siklus program, mulai dari perencanaan dan desain hingga implementasi dan evaluasi. Model ini mempertimbangkan konteks program, masukan, proses, dan produk, yang memberikan evaluasi komprehensif terhadap efektivitas program. Model CIPP memberikan pendekatan terstruktur terhadap evaluasi, yang memastikan bahwa seluruh aspek program dipertimbangkan secara sistematis.

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Sulkifli, Nade, E., Silfiah Khumairah, E., & Riska. (2024). Pendekatan CIPP dalam Evaluasi Program Pendidikan: Tinjauan Literatur pada Program Pendidikan di Indonesia. JMPI: Jurnal Manajemen, Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(2), 136–143. Retrieved from https://journal.as-salafiyah.id/index.php/jmpi/article/view/90