Studi Literatur Tentang Sumber Konflik Dalam Menyusun Strategi Penyelesaian Yang Efektif

Authors

  • Dwi Rizfiya Yulianti Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Siti Maghfirotul Laily Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Holilatus Sahdiyah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Abdul Khusni Mubarok Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Mu’alimin Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.71305/jtl.v1i2.140

Keywords:

Strategi Penyelesaian, Studi Literatur, Sumber Konflik

Abstract

Konflik merupakan bagian alami dalam interaksi antar individu atau kelompok yang sering kali dianggap negatif pada masa lalu. Namun, saat ini konflik dianggap sebagai hal yang wajar, yang dapat memberikan dampak positif atau negatif tergantung cara pengelolaannya. Konflik dapat terjadi akibat perbedaan pemahaman, tujuan, dan sumber daya antara pihak-pihak yang terlibat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sumber konflik yang sering terjadi dalam organisasi dan menyusun strategi penyelesaian yang efektif melalui studi literatur. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengkaji jurnal dan buku relevan untuk memperoleh pemahaman tentang sumber konflik dan strategi penyelesaiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber konflik dalam organisasi antara lain keterbatasan sumber daya, perbedaan tujuan, ketergantungan tugas, keragaman sosial, serta komunikasi yang buruk. Untuk menyelesaikan konflik, strategi yang digunakan dapat berupa menghindar, mengakomodasi, kompetisi, kompromi, atau kolaborasi. Pemilihan strategi yang tepat sangat penting untuk mengatasi konflik secara efektif dan mencegah eskalasi lebih lanjut

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Dwi Rizfiya Yulianti, Siti Maghfirotul Laily, Holilatus Sahdiyah, Abdul Khusni Mubarok, & Mu’alimin. (2025). Studi Literatur Tentang Sumber Konflik Dalam Menyusun Strategi Penyelesaian Yang Efektif. Journal of Teaching and Learning, 1(2), 139–153. https://doi.org/10.71305/jtl.v1i2.140